Survei: Anak Pilih Internet daripada Televisi



Hidayatullah.com--Keberadaan televisi di kamar anak-anak di Inggris menurun dan digantikan oleh piranti bergerak yang bisa mengakses internet. Survei Childwise menunjukkan 61 persen anak berusia tujuh hingga 16 tahun memiliki telepon seluler yang bisa dipakai berselancar di dunia maya.

Dari wawancara dengan 2.770 anak pada tahun lalu terungkap lebih dari 75 persen anak usia sekolah lanjutan di Inggris menggunakan telepon genggam untuk mengakses internet. Rata-rata mereka mengakses internet 1,6 jam per hari. Para peneliti juga mengatakan ada perubahan pola menonton televisi.

Anak-anak tidak lagi terpaku dengan jadwal dari berbagai stasiun televisi. Dewasa ini mereka lebih suka mengakses acara televisi melalui komputer atau telepon seluler, yang bisa diakses kapan saja.

Sebelum berangkat sekolah, anak-anak lebih mungkin ditemui bermain dengan telepon seluler dibandingkan menonton televisi. Ketika mereka tiba kembali di rumah di sore hari, alih-alih menonton televisi, mereka lebih suka berada di depan layar komputer untuk mengakses internet. Demikian dilaporkan BBC.

Ketika membaca di rumah, besar kemungkinan mereka melakukannya melalui layar, bukan buku atau majalah.

Pemakaian telepon seluler tidak berhenti. Ketika berada di tempat tidur, 32 persen anak-anak yang disurvei mengaku masih menggunakan piranti itu. Seiring perkembangan teknologi, keberadaan komputer model lama kini digantikan oleh komputer jinjing dan tablet.

Hasil survei ini juga dapat menjadi pegangan untuk kebiasaan anak-anak di Indonesia, sehubungan penggunaan telepon seluler di kalangan anak-anak saat ini telah lazim. Demikian pula sejumlah operator juga telah memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses internet.*

Rep: CR2
Red: Syaiful Irwan

Sumber : Hidayatullah.com

Posting Komentar untuk "Survei: Anak Pilih Internet daripada Televisi"