Kehabisan Uang, Pemerintahan AS Akhirnya Ditutup

Pemerintah AS bangkrut
Pihak Gedung Putih AS memerintahkan seluruh kantor pemerintahan berhenti beroperasi setelah pihak Kongres tidak menyetujui anggaran baru hingga batas waktu yang ditentukan.

"Sejumlah lembaga harus menghentikan rencananya," kata Direktur Manajemen dan Anggaran kantor Gedung Putih Sylvia Mathews Burwell dikutip dari AFP, Selasa (1/10/2013

Perintah penutupan layanan kantor pemerintah diedarkan 10 menit sebelum pemerintah AS dinyatakan kehabisan uang. Ini karena pihak legislatif tidak menyetujui anggaran baru, yang isinya antara lain menaikkan batas utang pemerintah sehingga bisa menjalankan negara. Saat ini, kas pemerintah AS menipis karena tidak diperbolehkan menambah utang, untuk menjalankan sejumlah program baru Presiden Barack Obama.

"Kami meminta Kongres untuk bertindak cepat guna menyetujui anggaran ini, sehingga layanan publik bisa kembali berjalan," ujar Burwell.

Bila anggaran tidak disetujui, maka ada ratusan ribu pegawai pemerintah yang harus tidak digaji. Bahkan museum dan taman nasional yang berada di bawah kendali pemerintah juga akan tutup. Hal ini pasti akan memengaruhi pemulihan ekonomi AS. [detikfinance/www.bringislam.web.id]

Posting Komentar untuk "Kehabisan Uang, Pemerintahan AS Akhirnya Ditutup "