Demo Buruh Tolak Impor Sambil Galang Donasi Untuk Palu-Donggala

Demo Buruh Tolak Impor Sambil Galang Donasi Untuk Palu-Donggala

GELORA.CO – Sekitar 2 ribu buruh dari Jabodetabek yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan berunjuk rasa di kantor DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem), hari ini (Senin, 1/10).

Selain di Jakarta, aksi juga dilakukan serentak di 15 provinsi.

Di Partai Nasdem, aksi akan dilakukan jam 9.30 hingga 12.30 WIB untuk meminta Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menindak tegas kadernya yang menjadi Menteri Perdagangan dan gemar melakukan impor.

Selain itu, buruh juga menolak kriminalisasi DR Rizal Ramli yang pro rakyat dengan menolak impor oleh Partai Nasdem .

Dari Partai Nasdem, jam 13.00 – 17.00 WIB, buruh akan longmarch ke Kantor Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia dan Istana Negara.

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, aksi di Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, dan Istana Negara bertujuan untuk menghentikan impor beras, bawang, daging, garam, gula, crinkel semen, pangan, energi.

“Kami akan melawan mafia impor dan mendesak pemerintah untuk membangun ketahanan pangan dan energi nasional. Buruh juga meminta turunkan harga barang dan listrik, serta jangan impor,” ujar Said dalam keterangannya. 

Adapun isu lain yang diangkat adalah menolak pertemuan IMF-World Bank di Bali yang dinilai buruh menghambur-hamburkan uang APBN. Keberadaan IMF – World Bank, menurut Iqbal, tidak dibutuhkan oleh Indonesia maupun dunia.

“Kami juga menolak rekomendasi IMF – World Bank yang ingin menghapuskan upah minimum dan membebaskan penggunaan buruh outsourcing sebebas-bebasnya,” ujar Iqbal.

Dalam kesempatan ini, buruh meminta Upah Minimum 2019 dinaikkan sebesar 30 persen.

Buruh juga akan melakukan penggalangan donasi untuk duka Palu dan Donggala. Penggalangan dana akan dilakukan spontanitas di lokasi aksi dan di pabrik-pabrik.

“Hasil penggalangan dana buruh untuk Palu dan Donggala ini minggu depan akan dikirim langsung oleh relawan buruh dan garda metal KSPI ke daerah pusat bencana di Palu dan Donggala,” pungkasnya.[rmol] 


Anda sedang membaca Demo Buruh Tolak Impor Sambil Galang Donasi Untuk Palu-Donggala
Lebih lengkap baca sumber http://bitly.com/2Qm1Zxf

Posting Komentar untuk "Demo Buruh Tolak Impor Sambil Galang Donasi Untuk Palu-Donggala"