Globalisasi Kemiskinan, Babak Akhir Kapitalisme ?
Oleh : Idris de Vriest
Sekitar tahun 1980-an ketika tren “globalisasi” dimulai, konsensus
umum di kalangan pemikir dan politisi menyatakan bahwa penyebaran sistem
ekonomi Kapitalisme di luar belahan bumi barat akan memperbaiki nasib
negara-negara berkembang dan yang terbelakang sehingga menyelaraskan
standar hidup warganya dengan orang-orang di belahan bumi barat.
Dua puluh tahun kemudian kita memang harus mengakui bahwa globalisasi
membawa penduduk dunia menjadi lebih dekat satu sama lain meski tidak
membawa ke arah harapan semula dari para pemikir dan politisi tersebut.
Krisis keuangan global yang sebelumnya dianggap sebagai ciri khas
negeri terbelakang, kini berpindah ke belahan bumi barat, dan justru
bukan sebaliknya. Kelaparan anak, misalnya, telah menjadi sangat umum
lagi di seluruh Eropa.
Banyak koran di Eropa kini mengabarkan keluhan
sekolah dan guru tentang murid yang tidak bisa berkonsentrasi karena
lapar.1 Pembagian makanan kepada orang miskin, untuk mencegah mereka
mati kelaparan, juga menjadi contoh lain. Yayasan seperti Donatur
Makanan (FoodBanks) menjadi organisasi amal yang mendistribusikan
makanan di antara orang-orang yang tidak mampu membeli makanan yang
mereka butuhkan, telah menjadi pemandangan umum di kota-kota Eropa. Di
Inggris sendiri jumlah warga yang membutuhkan bertambah dengan rata-rata
dua orang perminggu.2 Mungkin contoh yang paling getir dari realitas
baru kesulitan ekonomi di Eropa adalah praktik pembuangan anak karena
takut miskin. Hal ini dilaporkan di Yunani, salah satu negara Eropa yang
paling terpukul oleh krisis kredit.
Dengan kata lain, perjuangan untuk sekadar bisa bertahan hidup sudah mengglobal, bahkan di Eropa.
Itu sebabnya, banyak pertanyaan muncul tentang “masa depan
Kapitalisme”.3 Ini disebabkan oleh arah perdebatan yang sekadar menelaah
untuk memilih berbagai model Kapitalisme yang sedang atau telah
dilaksanakan di seluruh dunia. Model Kapitalisme Amerika/Anglo-Saxon,
Euro/model Jerman, model Jepang dan Singapura/model Cina adalah yang
paling menonjol.
Dalam masa pra-Pencerahan Eropa, pada Abad Pertengahan atau dikenal
dengan Zaman Kegelapan, tatanan sosial-politik yang dominan saat itu
menyatakan bahwa di balik alam semesta ada Pencipta, Tuhan; bahwa
melalui dogma Kristen Tuhan telah memberitahu manusia tentang bagaimana
dia seharusnya hidup agar harmoni dengan tatanan alam ini, dan manusia
memiliki kebebasan untuk memilih apakah akan hidup sesuai atau
berlawanan dengan tatanan alam yang Tuhan ciptakan. Semua ini dijelaskan
secara rinci dalam tulisan-tulisan Thomas Aquinas (1225 – 1274 M).
Namun, tokoh filsafat Grotius (1583 – 1645 M) meletakkan dasar bagi
suatu filsafat baru, yaitu Pencerahan, yang melahirkan ordo
sosio-politik Kapitalisme ketika ia berpendapat bahwa tatanan alam
memang ada, namun pikiran manusia memiliki kemampuan untuk
mengidentifikasi itu. Dengan kata lain, manusia tidak bergantung pada
agama untuk tahu cara yang benar bagaimana ia bisa hidup dan cukup
menggunakan akalnya sendiri saja. Bapak ekonomi kapitalis Adam Smith
(1723 – 1790 M) mengambil ide revolusioner Grotius dan memikirkan untuk
mencari jalan hidup yang terbaik. Menurut Smith, cara yang terbaik untuk
hidup ini adalah mengejar kepentingan pribadi secara rasional.4
Smith mengamati bahwa wajar dan alami bagi manusia untuk mengejar
kepentingan pribadinya secara rasional. Ia menjelaskan dalam bukunya
yang terkenal, Wealth of Nations, “Bukanlah karena
kebaikan hati dari tukang daging, pembuat bir, atau tukang roti yang
telah menyediakan makan malam kita, tetapi para tukang daging, pembuat
bir, dan tukang roti tersebut memiliki kepentingan pribadi untuk
mendapatkan keuntungan.”
Smith juga mengamati bahwa tidak hanya tukang daging, pembuat bir,
atau tukang roti yang diuntungkan dari penyediaan makan malam, tetapi
masyarakat yang lebih luas, “Dengan mengejar kepentingan pribadi
masing-masing, masyarakat akan hidup lebih efektif dengan sendirinya
tanpa harus mempromosikannya.”
Dari sini ia menyimpulkan bahwa organisasi yang benar dari kehidupan
ekonomi manusia adalah pasar bebas, saat setiap orang dapat
mengembangkan kegiatan yang ia percayai adalah kepentingannya yang
terbaik untuk menetapkan kepemilikan atas apa pun yang ia ingin
kehendaki, dan untuk membuang apa pun yang ia tidak inginkan dan dengan
cara apapun yang ia inginkan. Karena itu, menurut Smith, sebuah “tangan tak terlihat” akan datang menjadi ada dan memastikan hasil terbaik bagi masyarakat.5
Berbagai model Kapitalisme yang sedang berjalan saat ini atau telah
dilaksanakan di seluruh dunia didasarkan pada filosofi ini, tanpa
kecuali.
Inggris adalah bangsa pertama yang mengembangkan sistem ekonominya
berdasarkan pada filosofi ini. Namun, dari perspektif sosial
kemasyarakatan, upaya bangsa ini tidak bisa disebut sukses. Didorong
oleh gagasan ekonomi baru dari Smith, pengkotakkan lahan umum menjadi
tanah milik pribadi terjadi secara pesat. Padahal jutaan warga Inggris
saat itu bergantung pada lahan-lahan umum untuk kelangsungan hidup
mereka, sehingga privatisasi lahan ini menjerumuskan mereka dalam
kemiskinan yang dalam dan mengerikan.6
Satu-satunya pilihan yang tersisa bagi rakyat pedesaan saat itu
adalah mencari pekerjaan sebagai buruh industri di kota. Melonjaknya
perpindahan para petani ke kota, dan didorong oleh ide bahwa pengejaran
kepentingan diri sendiri pada akhirnya akan menguntungkan semua, para
industrialis Inggris melihat kesempatan emas karena mereka bisa
mempekerjakan buruh dengan upah rendah, memanfaatkan perempuan dan anak
sebagai buruh, dan menempatkan mereka untuk bekerja dalam lingkungan
yang paling tidak sehat dan berbahaya.
Dengan bergeraknya waktu, berkembangnya ideologi komunis memaksa
perubahan dalam situasi ini. Untuk melindungi inti dari sistem
kapitalis, Inggris harus memperbaiki tingkat kesejahteraan warganya
supaya mereka kebal terhadap pesan Komunisme. Itu sebabnya, pemerintah
Inggris memaksa untuk ikut mencampuri pasar bebas secara terbatas,
misalnya dengan menetapkan upah buruh minimum, melarang pekerja anak,
memberikan layanan sosial, dan sebagainya.
Setelah Perang Dunia Kedua konflik ideologis antara Kapitalisme dan
Komunisme memuncak, terutama di benua Eropa. Akibatnya, benua Eropa
menyadari pentingnya untuk bisa lebih baik daripada Inggris dalam
meningkatkan standar kehidupan masyarakat, yang berujung pada
pengembangan sistem “demokrasi sosial”. Pemerintah negara-negara Eropa
seperti Jerman Barat dan Prancis mulai secara aktif mengelola pasar
bebas mereka untuk mendistribusikan kekayaan. Pengelolaan pajak secara
progresif pun mulai dikenalkan saat semakin tinggi penghasilan penduduk
semakin tinggi pajaknya. Pasar untuk berbagai barang dan jasa
dikendalikan oleh pemerintah. Penerapan aturan dan undang-undang
pemerintahnya pun memiliki implikasi luas ke pasar lain di luar benua
Eropa.
Setelah Komunisme menemukan rumah ideologisnya di Rusia, benua Eropa
kapitalis menemukan dirinya bertetangga dengan musuh ideologis dan
dengan demikian langsung terkena “ancaman komunis”. Di lain pihak,
ancaman komunis tidak mencapai pantai Amerika atau Inggris karena adanya
penghalang alami: laut.
Setelah berjatuhannya sistem negara imperial seusai Perang Dunia II,
Amerika membangun kembali Jepang atas dasar prinsip-prinsip kapitalis.
Berbeda dengan Eropa dan Amerika, saat Kapitalisme dikembangkan sebagai
bagian dari proses panjang dan alami yang melibatkan perubahan keadaan
dan berpikir, Jepang secara efektif dipaksa untuk mengadopsi
Kapitalisme. Hal ini menyebabkan lahirnya Kapitalisme model Jepang yang
unik dan berbeda dari kedua model Eropa dan model Amerika. Sebagian ini
disebabkan oleh Amerika tidak hanya menempatkan hukum dan peraturan
Kapitalisme di Jepang, tetapi Amerika juga aktif mengelola rincian
perekonomian Jepang. Contoh, Amerika turut menentukan partai politik apa
saja yang boleh ada, siapa yang akan memimpin partai-partai politik
ini, perusahaan mana saja yang akan memimpin ekonomi Jepang dan siapa
yang akan memimpin perusahaan tersebut.7 Jadi ketika Eropa dan Amerika
menganggap penting peran pemerintah untuk turut mencampuri pasar, di
Jepang Kapitalisme dan pemerintahannya merupakan saudara kembar dari ibu
yang sama. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan tentang bagaimana
pemerintah menyikapi pasar di Jepang dan di Amerika atau benua Eropa. Di
Eropa dan Amerika pemerintah dan para kapitalis duduk bersama untuk
bekerja sama karena menghadapi ancaman maraknya komunis. Di Jepang
pemerintah dan kapitalis bekerjasama lebih secara sukarela, karena
mereka melihat ini sebagai hal yang paling alami untuk keduanya.
Selain itu, Kapitalisme di Jepang dipengaruhi oleh tradisi Jepang,
sedangkan di Eropa dan Amerika Kapitalisme justru mempengaruhi bahkan
mengendalikan tradisi. Sebagaimana tercantum sebelumnya, Kapitalisme
awalnya berkembang di Eropa sebagai respon terhadap tatanan
sosial-politik Kristen. Kapitalisme di Jepang tidak memiliki pengalaman
ini. Akibatnya, penerapan Kapitalisme di Jepang tidak disertai penolakan
terhadap tradisi. Tradisi Jepang seperti komunalisme, bahkan mampu
mempengaruhi model dan aplikasi Kapitalisme di Jepang.
Model Kapitalisme Cina adalah hal lain lagi, karena terkait dengan
keadaan yang unik yang mendorong Cina untuk turut mengadopsi
Kapitalisme. Pertama: mengapa Cina mengadopsi Kapitalisme
adalah karena proses transisi ke Kapitalisme dimotori oleh pemerintahan
Cina, dan bukan akibat hasil pertimbangan filosofis seperti di Eropa dan
Amerika, maupun akibat dari penjajahan Jepang. Cina memutuskan untuk
mengadopsi sistem ekonomi Kapitalisme sekitar 30 tahun lalu karena
mereka percaya bahwa sistem Kapitalisme ini akan mendukung program
pemerintahnya.8 Kedua: Cina juga tidak memiliki latar belakang
pengalaman pertentangan kepentingan gereja di Eropa seperti perlawanan
terhadap dogma gereja. Hal ini memungkinkan Cina untuk mempengaruhi
model Kapitalisme mereka dengan tradisi mereka sendiri. Ketiga:
ekonomi kapitalis Cina masih dalam proses sedang dibangun sejak tahun
1979, dan masih tidak lengkap. Hal ini berkaitan dengan tradisi
kehati-hatian di kalangan Cina. Itu sebabnya Pemerintah Cina lebih
memilih untuk mengambil langkah demi langkah dalam hal pelaksanaan
Kapitalisme. Lebih jauh lagi, pemerintah Cina mencoba untuk belajar
dari dan tidak mengulangi pengalaman buruk dari negara-negara kapitalis
lain.
Yang pasti semua model Kapitalisme yang ada saat ini maupun pada masa
lalu sangat jelas memiliki fondasi yang sama. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa ada kemungkinan teoretis bahwa masalah ekonomi dunia
saat ini disebabkan oleh fondasi Kapitalisme tersebut.
Dulu model Kapitalisme Eropa mampu menarik masyarakat keluar dari
kemiskinan antara tahun 1960-an dan 1980-an. Prestasi ini menakjubkan.
Namun, model Kapitalisme Eropa atau “demokrasi sosial” Eropa tidak akan
bertahan. Sistem kesejahteraan yang menjadi kunci dalam menghapuskan
kemiskinan ternyata menuntut sumberdaya lebih besar dari apa yang negara
mampu kumpulkan melalui pajak. Kekakuan dalam perekonomian karena
tingginya tingkat campur tangan pemerintah yang sangat tinggi dalam
pasar bebas merupakan faktor penyebab. Ini terlihat dari terhambatnya
pertumbuhan ekonomi dan berkonsekuensi timbulnya pengangguran.
Setelah menjadi jelas bahwa model komunis pun mengalami nasib dan
menghadapi masalah yang sama, atau lebih tepatnya lebih besar, Eropa
kini mulai bergerak dan berpikir untuk menjauh dari model
Kapitalismenya. Benua Eropa mulai menyebut model baru “Jalan Ketiga”,
yang dicetuskan politisi seperti Tony Blair di Inggris, Gerhard
Schroeder di Jerman dan Wim Kok di Belanda. Pada praktiknya, model baru
ini berarti menghilangkan campur tangan pemerintah dalam pasar bebas
yang selama ini didefinisikan demokrasi sosial. Ini memiliki dua
konsekuensi yang terkait.
Model Jepang juga mampu untuk menarik dasarnya setiap orang dalam
masyarakat keluar dari kemiskinan. Hal ini disebabkan adanya kerjasama
dan koordinasi antara pemerintah dan bisnis, dan kuatnya tradisi
loyalitas pemodal dan pekerja. Namun, bahkan lebih buruk dari Eropa,
model Kapitalisme Jepang seperti ini membutuhkan dan dibangun dengan
utang yang sangat besar untuk melakukan ini. Saat ini utang negara
Jepang berada pada sekitar 228% dari GDP: yang tertinggi di dunia!
(Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Debt-to-GDP_ratio)
Masalah Eropa saat ini adalah tingginya hutang pemerintah yang terus
meningkat. Krisis ekonomi sejak tahun 2007 telah banyak membuat dunia
keuangan khawatir apakah negara-negara Eropa akan dapat mengendalikan
hutangnya pada masa depan. Kekhawatiran ini memicu naiknya tingkat suku
bunga di negara-negara Eropa untuk meredam persepsi risiko yang tinggi.
Upaya pembayaran bunga yang tinggi tersebut benar-benar menguras begitu
banyak sumberdaya dari negara-negara ini sehingga memaksa mereka untuk
mengurangi biaya-biaya lain, alias penghematan. Hal ini menyebabkan
pengurangan konsumsi secara keseluruhan, dan semakin menahan aktivitas
ekonomi lebih lanjut di negara tersebut. Lebih parahnya lagi, laju
ekonomi yang rendah berarti berkurangnya pemasukan pajak yang bisa
diambil oleh pemerintah, sehingga memutar lingkaran setan sekali lagi.
Jadi jelas, tingginya rasio hutang terhadap GDP (penghasilan domestik
bruto) seperti di Jepang tidak akan dapat dilanjutkan selamanya. Pada
satu titik tertentu, investor akan menolak untuk meningkatkan pinjaman
mereka ke Jepang, kecuali termotivasi untuk melakukannya dengan suku
bunga yang jauh lebih tinggi lagi. Jepang kemudian harus menghemat biaya
dengan sangat cepat yang akan menyebabkan kejatuhan ekonomi. Inilah
jalan yang akan Jepang tuju. Di lain sisi yang tidak kalah getirnya,
Jepang bisa saja berupaya untuk menghentikan hutangnya hari ini untuk
mencegah jatuh ke dalam perangkap kematian. Namun, kemiskinan akan
kembali terlihat di Jepang keesokan harinya karena pemerintahnya harus
memotong biaya pengeluarannya.
Dalam lingkungan “pasar bebas kapitalis terbebas” seperti model
Amerika dan Inggris, ketimpangan pendapatan dan kemiskinan merupakan
keharusan dari model Kapitalisme ini. Sebagai contoh, sejak 1959
rata-rata 14% warga Amerika telah hidup di bawah garis
kemiskinan.9 Amerika dan Inggris juga telah melihat meningkatnya hutang
secara terus-menerus. Perekonomian Amerika saat ini bernilai sekitar 15
triliun dolar. Namun, total hutang dalam perekonomiannya berada pada
sekitar 279% dari jumlah itu, sekitar $ 42 trilliun dolar!10 Dengan kata
lain, model Kapitalisme Amerika/Inggris tidak akan mampu menjadi solusi
bagi sebagian besar masyarakat luas dan tidak lebih stabil daripada
model Eropa atau Jepang (Sumber: www.gfmag.com/tools/global-database/economic-data/11855-total-debt-to-gdp.html# axzz20hoAOeX3)
Selama pelaksanaan Kapitalisme, Cina belum berupaya untuk mencegah
naiknya konsentrasi kekayaan. Cina bahkan kini terus bergerak ke arah
ekonomi kapitalis murni, dengan ketimpangan kekayaan di sana lebih
tinggi ketimbang Amerika. Saat ini kesenjangan kekayaan Cina peringkat
di antara yang tertinggi di dunia, jauh melebihi yang dari Amerika.11
Maka terlihatlah, bahwa masalah ekonomi yang terlihat sekarang adalah
ciri khas Kapitalisme. Di antaranya adalah utang meningkat, konsentrasi
kekayaan dan timbulnya kemiskinan.
Walhasil, Kapitalisme memiliki masalah sistemik dengan kemiskinan.
Kapitalisme, diutak-atik bagaimanapun, tidak akan dapat memecahkan
masalah sistemiknya.
Untuk menghentikan tren meluasnya kemiskinan rakyat Eropa dan dunia
umumnya, kita membutuhkan sistem baru, yang merupakan alternatif dari
Kapitalisme, yaitu sistem yang dibangun di atas fondasi yang berbeda
dari Kapitalisme.
Catatan kaki:
1 www.guardian.co.uk/society/blog/2012/jun/20/breadline-britain-day-three-austerity-hungry-kids-mental-health
2 www.guardian.co.uk/society/2012/apr/26/food-bank-double-families-breadline
3 The Financial Times memiliki bagian khusus di situsnya yang didedikasikan untuk topik: www.ft.com/mendalam/Kapitalisme-masa depan
4 “Sebuah kritik dari teori hukum alam”, www.newcivilisation.com/home/ ide-filsafat / a-kritik-of-alam-hukum teori
5 Lihat, misalnya, “Para filsuf duniawi: Kehidupan, waktu dan
ide-ide dari para pemikir ekonomi yang besar” oleh Robert L. Heilbroner.
6 Ibidem catatan kaki 6.
7 Lihat, misalnya, “Sebuah Pekerjaan Tanpa Pasukan: Setengah
Abad Dominasi Wall Street Politik Jepang” oleh Glenn Davis dan John G.
Roberts.
8 “Menghindari BABI dan Bergabung dengan BRICs: Pelajaran untuk Fast-Growing
9 www.census.gov / hhes / www / kemiskinan / data / sejarah / people.html
10 “Total hutang di beberapa negara di seluruh dunia”, Global Finance.
11 “Mempersempit kesenjangan kekayaan”, China Daily, www.chinadaily.com.cn/thinktank/2011-03/07/content_12125760.htm
Posting Komentar untuk "Globalisasi Kemiskinan, Babak Akhir Kapitalisme ?"