Chatinone, Jenis Narkoba yang diGunakan Raffi cs


Seperti diketahui, Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap puluhan orang yang sedang pesta narkoba di kediaman artis Raffi Ahmad di Jl Gunung Balang, No 16, RT 09 RW 04, Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (27/1). Penggerebekan itu terkait dugaan pesta dan kepemilikan narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan fakta baru. Ternyata jenis narkoba yang ditemukan di rumah Raffi Ahmad tergolong baru dan tidak diatur dalam undang-undang di Indonesia.

Peredaran varian baru dari ekstasi ini telah merepotkan polisi Inggris. Belakangan ini, klab-klab malam di kota-kota besar Inggris menjadi tempat peredaran ekstasi jenis baru yang cukup memberi efek halusinasi pada pemakainya.

Seperti dikutip dari www.dailymail.co.uk, Ekstasi jenis baru yang ditemukan di beberapa lokasi di Inggris ini seperti LSD (Lysergic acid diethylamide) yang menimbulkan efek halusinasi bagi pemakainya. Bentuknya beragam mulai dari pil dengan tanda "i" maupun kristal putih dalam kapsul.

dr Lula Kamal juga menguraikan, zat sejenis ini belum ada di Indonesia. Dari pasien-pasien yang datang kepadanya pun tak pernah ada yang menderita kecanduan zat ini, rata-rata mereka masih memakai sabu. Sejauh ini chatinone melihat efeknya bisa membahayakan.

Karena Narkoba Raffi Cs tergolong narkoba jenis baru itulah yang menjadi penyebab hasil tes urine yang dilakukan BNN terhadap pengguna zat baru itu tak pernah terlihat. "Hasil tes urine keluar dalam bentuk grafik," tegas Sumirat. Setiap zat menampilkan grafik yang khas dan berbeda dengan zat lainnya. "Dari 17 orang kelihatan ada yang menggunakan obat flu, karena grafiknya khas obat flu," imbuhnya.

BNN pun akhirnya menyimpulkan bahwa Narkoba yang terdapat di rumah Raffi Cs adalah jenis Chatinone.

Apa sebenarnya Chatinone?
Chatinone, atau dalam Bahasa Indonesia disebut Katinona digolongkan sebagai narkotika golongan I yang hanya boleh dipakai untuk keperluan riset. Untuk keperluan medis sekalipun, narkotika golongan ini tidak diizinkan, apalagi untuk keperluan rekreasional.

Chatinone berasal dari tanaman Catha edulis atau Khat. Tanaman ini tumbuh di Afrika dan sebagian wilayah Arab. Di daerah asalnya, tanaman ini dikonsumsi langsung dengan cara dikunyah dan bukan diekstrak kandungan aktifnya yakni Chatinone.  

Sebelumnya telah ada jenis narkoba yang strukturnya tidak jauh beda dengan Chatinone  dan juga cukup populer di Indonesia yakni amphetamine. Efek dari amphetamine dan Chatinone adalah kurang lebih sama yakni mampu membangkitkan stamina.

 Koordinator Sekretariat Nasional PKNI ini kembali melanjutkan pengetahuannya tentang  Chatinone ia kenal dari literatur, bahkan beberapa ahli yang ditemuinya, termasuk dari Kementerian Kesehatan juga belum banyak tahu.

Sumber :
http://www.metrotvnews.com

Posting Komentar untuk "Chatinone, Jenis Narkoba yang diGunakan Raffi cs"