Pulau Kumbang di Pesisir Sumatra Barat di Jual di Situs Online

Situs Online ramai dibicarakan karena menjual pulau Kumbang di Pesisir Sumatra Barat. Dalam katalog di www.privateislandsonline.com, berbagai kelebihan Pulau Kumbang ditulis untuk menarik minat pembeli. Seperti nilai bisnis yang bakal didapat si pembeli, jika memiliki Pulau Kumbang.

"Pulau Kumbang adalah lokasi yang ideal untuk mengembangkan resor pribadi atau bisnis diving, karena di sekitar pulau juga sering digunakan untuk kegiatan surfing kelas dunia, ada situs penyelaman dan kegiatan rekreasi."

Luas pulau sekitar 6,8 hektare dengan rincian 4,5 hektar merupakan tanah berkontur datar, dipenuhi oleh kelapa dan pohon tropis lainnya. Dua hektar merupakan kawasan bukit vulkanik lembut berpuncak.

Pulau Kumbang juga dikenal akan keindahan pasir putihnya, kecantikan terumbu karang dan jelajah kawasan mangrove atau hutan bakau.

Pulau Kumbang di Pesisir Sumatra Barat di Jual di Situs OnlineSepertinya penjual juga menjanjikan konsep bersantai sambil bekerja. Sebab dirincikan juga keunggulan koneksi internet di kawasan pulau tersebut.

"Kegembiraan pemilik pulau yang sangat pribadi ini akan dapat berkomunikasi dan bekerja dari sana berkat koneksi satelit berkecepatan tinggi, atau bahkan lebih murah dengan menggunakan cakupan ponsel publik yang sangat baik. Listrik harus disediakan oleh generator atau panel surya, tulis penjual.(sumber Merdeka.com)


Namun Pemerintah membantahnya, dalam tulisan yang dimuat oleh situs tempo.co, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membantah telah menjual Pulau Kumbang. Pulau ini secara administratif terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Enggak benar itu. Pulau itu tak dijual," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon, Selasa, 26 Agustus 2014.

Pulau itu masuk dalam situs penjualan pulau dengan alamat www.privateislandonline.com. Pulau dengan pantai berpasir putih ini dijual seharga Rp 17,8 miliar atau USD 1,8 juta.

Erizon mengatakan saat ini pulau itu dikontrakkan ke salah seorang pengusaha asal Bali oleh kaum adat yang mengelola pulau tersebut. "Bisa disebut dengan kontrak bawah tangan. Pemerintah tidak tahu," ujarnya.

Menurut Erizon, meski secara hukum pulau tidak boleh dimiliki siapa pun, kenyataannya pulau itu dikuasai oleh kelompok adat. Sebab, mereka meyakini pulau tersebut berada di tanah ulayat kaumnya. "Di sini (Minang), tanah ulayat masih kental dan dimiliki suatu kaum," ujarnya.

Ia mengatakan pulau itu terletak sekitar 6 mil dari pinggir pantai di kawasan Tarusan Pesisir Selatan. Pulau yang banyak ditumbuhi pohon kelapa itu sering dikunjungi wisatawan asing. "Pulaunya bagus dan terlihat dari pinggir," ujarnya.

Erizon mengatakan pemerintah tidak mungkin menjual pulau itu. Lantaran dikuasai masyarakat adat, tanah itu tidak memiliki sertifikat.

Di Pesisir Selatan ada puluhan pulau kecil. Salah satunya Pulau Cubadak yang saat ini dikontrak warga Italia selama 50 tahun. "Tahun kemarin baru diperpanjang kontraknya," ujarnya.

Kata Erizon, penyewaan Pulau Cubadak diketahui pemerintah. Sebab, pulai ini memiliki izin resort.

Kasubag Lintas Batas Biro Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Zaki Fahminanda juga mengaku tidak mengetahui adanya penjualan Pulau Kumbang. "Yang mengurusi itu dari Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan," ujarnya.
[www.bringislam.web.id]

Posting Komentar untuk "Pulau Kumbang di Pesisir Sumatra Barat di Jual di Situs Online"