Deklarasi ISI, Pembungkaman Ormas Model Orde Baru

Deklarasi ISI, Pembungkaman Ormas Model Orde Baru

Jogjakarta, Jumat 17/6/2016, Rektor ISI Yogyakarta, prof Dr. M. Agus Burhan, M. Hum menyampaikan deklarasi pelarangan ormas dan orpol di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta. Deklarasi dibacakan di depan seratusan massa alumni ISI Jogja. Salah satu poin dalam deklarasi tersebut adalah pelarangan penyebaran ideologi yang bertentangan dengan visi & misi ISI Jogja.

Pelarangan tersebut bertolak belakang dengan kebebasan mimbar akademis yang diagung-agungkan dunia akademis sendiri. Mimbar akademis semestinya mensikapi wacana-wacana yang berkembang dengan wacana tandingan. Bukan dengan tindakan pencekalan-pencekalan sepihak seperti lazim dilakukan rezim otoriter orde baru yg digulingkan oleh mahasiswa dalam reformasi 1998.

Bahkan, pelarangan itu sendiri bertentangan dengan kalimat Rektor dalam penutup deklarasi itu sendiri; yaitu bahwa deklarasi ditujukan untuk menjaga komitmen pengembangan kreativitas seni & pengembangan ilmu seni di lingkungan ISI Jogja dalam suasana akademis yang netral dan sehat. Suasana akademis yang netral dan sehat semestinya tidak melakukan represi birokratis atas wacana yang tengah menjadi primadona di masyarakat kampus. (L. Roya)
[www.bringislam.web.id]

Posting Komentar untuk "Deklarasi ISI, Pembungkaman Ormas Model Orde Baru"