Pasukan Israel Usir 500 Warga Palestina Dari Rumah Mereka Di Tepi Barat

aus
PASUKAN Israel telah mengusir sekitar 500 warga Palestina dari rumah mereka di Tepi Barat yang diduduki.

Banyak warga Palestina dipaksa untuk mengosongkan rumah mereka di daerah Wadi al-Maleh di sebelah utara Lembah Yordan di Tepi Barat yang diduduki pada hari Rabu kemarin (2/1/2013), AFP melaporkan.

Israel menyebut rumah-rumah warga itu berada di daerah “ilegal” dan mengatakan evakuasi merupakan tindakan sementara karena daerah tersebut akan dipakai untuk latihan militer.

“Karena latihan militer … surat pengusiran sementara dibagikan hari ini,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

“Pada akhir latihan, warga akan diizinkan untuk kembali ke rumah mereka,” tambah pernyataan itu.

Namun, Majid al-Fitiani, gubernur wilayah Palestina, mengutuk aksi itu dan berkata, “Bahkan pengusiran selama 24 jam pun tidak bisa diterima.”

Tahun lalu, evakuasi lain telah dilakukan di area yang sama dengan alasan pasukan Israel akan melakukan latihan militer.

Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, 60.000 warga Palestina yang tinggal di Lembah Yordan, sebanyak 3.400 orang sebagian atau seluruhnya berada dalam zona militer tertutup dan menghadapi risiko tinggi penggusuran paksa.

Para warga Palestina di daerah itu sering menghadapi evakuasi wajib atau penghancuran rumah mereka oleh tentara Israel.(fq/islampos/prtv)

Posting Komentar untuk "Pasukan Israel Usir 500 Warga Palestina Dari Rumah Mereka Di Tepi Barat"