Inilah Empat Perubahan Hakiki bagi Tegaknya Khilafah



Muktamar Kalteng
Teatrikal dalam Muktamar Khilafah 2013 Kalteng
HTI Press. Di hadapan sekitar 3000 peserta Muktamar Khilafah Kalimantan Tengah, Representasi Kantor Media Pusat (CMO) Hizbut Tahrir Asia Tenggara Tun Kelana Jaya menyatakan empat arah perubahan hakiki yang harus dicapai kaum Muslim dalam kehidupan bernegara. “Perubahan yang kita tuju harus mencakup empat perubahan besar dan mendasar,” ungkapnya, Ahad (12/5) di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya.
Pertama, perubahan prinsip kedaulatan di tangan rakyat menjadi kedaulatan di tangan syara (as-siyâdatu li asy-syar’iy).  Artinya, yang berhak menetapkan hukum benar-salah, halal dan haram, terpuji-tercela, dan dosa-pahala adalah hukum syara.  Tegasnya, ubah seluruh sistem hukum jahiliah menjadi hukum syariat Islam. “Hukum itu hanyalah milik Allah!” pekiknya membacakan Al-Qur’an Surat Yusuf  Ayat 40.
Kedua, perubahan kekuasaan di tangan pemilik modal menjadi kekuasaan di tangan umat (as-sulthânu lil ummah).  “Artinya, pemimpin hanyalah yang dipilih oleh umat untuk menerapkan syariat,” beber Tun.
Ketiga, jadikan hak tabanni atau adopsi hukum berada di tangan khalifah (kepala negara Islam/khilafah).  Dalam perkara-perkara individual, hukum diserahkan kepada hasil ijtihad para mujtahid.  Perbedaan pendapat dijamin.
Sementara, lanjutnya, dalam masalah sistem (sosial, politik, ekonomi) khalifah mengambil salah satu pendapat terkuat diantara pendapat para mujtahid  yang telah digali dari sumber-sumber hukum Islam. “Hukum Islam yang diadopsi oleh khalifah inilah yang berlaku di tengah masyarakat,” tegasnya.
Keempat, menyatukan kaum Muslimin dengan mengangkat hanya satu orang khalifah untuk seluruh dunia.  Dengan demikian, umat Islam benar-benar menjadi umat yang satu (ummah wâhidah).
“Inilah empat arah perubahan hakiki yang kita tuju, yang juga adalah empat pilar khilafah.  Oleh karena itu, hadirin yang berbahagia rahimakumullâh, arah perubahan yang kita maui itu sejatinya perubahan bagi tegaknya kembali khilafah,” pekiknya yang kemudian disambut takbir hadirin.
Dalam perhelatan yang dihadiri warga berbagai daerah di Kalimantan Tengah tersebut, hadir pula Johansyah BA (Pengadilan Tinggi Agama Kalteng) dan H Kursasi (Tokoh Masyarakat). [] M Khameini/Joy

Posting Komentar untuk "Inilah Empat Perubahan Hakiki bagi Tegaknya Khilafah"