Pesan Syeikh Taqiyuddin An Nabhani Bagi Mereka yang Tidak Mau Berkorban di Jalan Da’wah

Pesan Syeikh Taqiyuddin An Nabhani Bagi Mereka yang Tidak Mau Berkorban di Jalan Da’wah


Salah satu kesulitan yang dihadapi dalam da’wah adalah sulitnya mengorbankan kehidupan dunia – harta, perdagangan, dan sejenisnya- di jalan Islam dan da’wah. Cara mengatasi kesulitan ini adalah dengan mengingatkan orang-orang yang beriman, bahwa Allah SWT telah membeli jiwa dan harta mereka dengan surga. Ya cukup diberikan peringatan seperti itu, kemudia mereka diberikan pilihan dalam berkorb
an, tanpa dipaksa.

Rosulullah SAW telah menulis surat kepada Abdullah bin Jahsy ra ketika beliau mengutusnya menjadi pemimpin pasukan memata-matai kaum Quraisy di Nakhlah, yang terletak antara Makkah dan Thaif. Dalam surat itu Rosulullah SAW bersabda :

« لَا تُكْرِهَن أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِك عَلَى الْمَسِيرِ مَعَك ، وَامْضِ لِأَمْرِي فِيمَنْ تَبِعَك».

Janganlah sekali-kali engkau memaksa seseorang dari sahabat-sahabatmu untuk berjalan bersamamu. Laksanakanlah perintahku bersama orang-orang yang bersedia mengikutimu!

و مـن الصعـوبات الـتي تقـف في وجـه الدعـوة صعـوبـة التضحية بشؤون الحيـاة الدنيا مـن مال و تجارة و نحوهما في سبيل الإسلام و حمل الدعوة. و للتغـلب عـلى هذه الصعـوبة يذكـر المـؤمن بأن الله اشـترى مـن المؤمنين أنفسـهم و أمـوالهم بأن لهم الجنة. و يكتفي بهذا التذكير و يترك له الخيار في التضـحيـة بهـذه الشـؤون ولا يسـتكـره عـلى شيء. كـتب عليه الصلاة و السـلام كتـاباً لعبـد الله بن جحش حين بعثه على رأس سرية ليترصد قريشاً في نخـلة بين مكـة و الطائف، وقد جاء في ذلك الكتاب: « لَا تُكْرِهَن أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِك عَلَى الْمَسِيرِ مَعَك ، وَامْضِ لِأَمْرِي فِيمَنْ تَبِعَك».
تقي الدين النبهاني | التكتل الحزبي
لتحميل الكتاب من هنا
http://www.hizb-ut-tahrir.info/info/files/Books-ar/Takattol180912.pdf

[www.bringislam.web.id]

Posting Komentar untuk "Pesan Syeikh Taqiyuddin An Nabhani Bagi Mereka yang Tidak Mau Berkorban di Jalan Da’wah"